Senin, 10 September 2012

Bahan Tambahan Pangan Membuat Makanan Berumur Panjang

Di era yang serba instant ini bahan tambahan makanan menjadi salah satu bahan tambahan yang sering digunakan untuk mengawetkan dan memberikan efek tertentu pada makanan, bahan tambahan ini jika digunakan dengan dosis dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah akan memberikan kesan yang baik terhadap makanan. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1996 Tentang Pangan, Yang dimaksud "bahan tambahan pangan" adalah bahan yang ditambahkan ke dalam pangan untuk mempengaruhi sifat atau bentuk pangan, antara lain, bahan pewarna, pengawet, penyedap rasa, anti gumpal, pemucat dan pengental.
Selain digunakan untuk mengawetakan makanan bahan tambahan makanan ini juga berguna untuk memelihara dan mempertahankan nilai gizi, ini berarti makanan yang ditambahkan bahan tambahan makanan dimungkinkan memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari pada sebelum bahan tersebut ditambahkan bahan tambahan makanan. Meskipun bahan tambahan makanan ini bermanfaat untuk mempertahankan nilai gizi namun penggunaannya tidak bisa dikonsumsi secara langsung karena memang bukan bahan makanan.
Dengan menambahkan bahan tambahan makanan produk makanan yang biasanya hanya bisa dikonsumsi dalam waktu beberapa hari bisa diawetkan dan dikonsumsi dengan selang waktu yang lebih lama, karenanya bahan tambahan ini bisa meningkatkan efisiensi penggunaan produk makanan karena bisa memperpanjang daya simpan makanan.


0 komentar:

your TIME



Search

Memuat...

Translate

Hot Posting

visitors

Followers

Share It