Selasa, 07 Agustus 2012
Siapa yang tidak kenal minuman bernama teh? Hampir semua orang mengenal minuman yang satu ini. Bahkan beberapa diantara kita menjadi penggemar teh. Aroma teh yang segar menjadikan minuman ini digemari hampir semua usia. Di Indonesia sendiri teh sudah sangat popular bahkan Indonesia menjadi negara ke 5 penghasil teh terbesar di dunia. Sebenarnya teh tidak hanya disenangi karena aromanya yang khas. Lebih dari itu teh mengandung banyak khasiat yang baik bagi tubuh kita.
Di Indonesia terdapat tiga macam teh yaitu; teh hijau, teh hitam, dan teh putih. Dari ketiga teh tersebut teh hijaulah yang paling baik. Teh hijau merupakan teh yang paling baik karena prosesnya yang berbeda. Teh hijau dikeringkan dengan pengering khusus dan bukan dikeringkan dengan menjemurnya langsung.
Penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa teh memiliki zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia. Beberapa zat yang terkandung dalam teh diantaranya adalah polifenol. Dengan adanya kandungan polifenol maka teh merupakan salah satu minuman yang baik untuk anti oksidan. Bahkan salah satu khasiat teh adalah untuk mencegah perkembangan sel kanker. Untuk itu mengkonsumsi teh sangat bagus terlebih lagi tubuh kita sering menghirup polusi dan teh bisa menjadi penawarnya.
Didalam teh juga terkadung vitamin E merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan yang salah satu kegunaannya adalah untuk menghaluskan kulit anda. Teh juga mengandung vitamin lain yaitu vitamin C yang menjadikan teh sebagai minuman anti oksidan, dan vitamin berbentuk betakaroten. Dengan mengkonsumsi teh secara teratur anda akan memiliki kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
Selain baik bagi kesehatan ternyata teh juga memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Menurut para ahli yang menyelidiki manfaat kesehatan teh, kandungan kafein alami dalam minuman ini dapat melindungi kulit yang rusak akibat sinar matahari dan mencegahnya berkembang menjadi kanker.


Beberapa khasiat teh antara lain :


a.       Menutrisi rambut
b.      Menghitamkan dan menyuburkan rambut
c.       Menghilangkan kantung mata
d.      Mengobati jerawat
e.       Mengencangkan bibir
f.       Mencerahkan mata
g.      Tanning kulit hemat dan aman
h.      Pembuat awet muda
i.        Menghaluskan kulit
j.        Melindungi kulit
k.      Memperkuat & mencegah karies gigi
l.        Mencegah nafas tak sedap


Contohnya lansia di Jepang yang mengkonsumsi teh dua gelas per hari, mengalami penurunan resiko kerusakan otak sebanyak 50%. Dibandingkan lansia yang tidak atau mengkonsumsi teh hijau kurang dari dua gelas sehari. Maka dari itu teh banyak d konsumsi oleh orang-orang karena zat-zat yang terkadunng dalam teh sangat berguna untuk tubuh dan bisa untuk mencegah penyakit.



Nama              : ZENI YUSUP ARFAH
Nim                 : B41111049
      Jurusan            : TEKNOLOGI PANGA DAN GIZI
Mata kuliah     : BAHASA INDONESIA


0 komentar:

your TIME



Translate

Hot Posting

visitors

Followers