Selasa, 07 Agustus 2012

Siapa yang tak kenal pepaya? Buah yang dikenal sebagai buah tropis tak kenal musim ini menjadi buah populer dan mudah didapat dengan harga relatif murah dibanding buah yang lain. Meski harganya murah, namun manfaat yang dikandungnya sangatlah besar. Bahkan setiap bagian tanaman, mulai biji, buah, daun, hingga getahnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.
Di dalam getah pepaya terkandung enzim papain. Enzim ini sejak dulu dikenal sebagai pelunak daging. Namun saat ini pemanfaatannya kian berkembang dan tidak hanya terbatas sebagai pelunak daging saja. Kini enzim papain mulai dikenal dan digunakan dalam kesehatan dan kecantikan.
Sehat
        Siapa bilang sehat itu harus mahal? Hidup sehat tidak harus mahal, karena kita dapat memanfaatkan bahan-bahan dari alam untuk mendukung kesehatan kita. Dari berbagai penelitian dijelaskan bahwa getah dalam pepaya berpeluang untuk dikembangkan sebagai anti-kanker. Manfaat ini telah dibuktikan oleh Bouch secara ilmiah, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan papain bersifat anti-tumor atau anti-kanker.
        Enzim papain dalam buah papaya juga berfungsi untuk mempercepat proses penceraan protein. Ia mampu mencerna zat protein 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri. Hal ini menyebabkan protein lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.
        Selain sebagai obat dalam, enzim papain juga bias digunakan sebagai obat luar. Kita dapat menggunakan getah buah papaya muda untuk mengobati luka goresan, luka bakar, luka akibat gigitan serangga (lebah, kalajengking, lipas) dan juga gatal-gatal di  kulit.
Cantik
Papain banyak digunakan dalam bidang kecantikan. Enzim ini mempunyai manfaat tersendiri untuk kulit. Ia mampu melarutkan sel-sel mati yang melekat pada kulit dan sukar terlepas secara fisik. Oleh sebab itu papain digunakan sebagai bahan aktif untuk krim pembersih kulit muka.
Bila kita menginginkan kulit yang cerah dan sehat kita bias memanfaatkan enzim papain dalam papaya. Papain mampu mengikis noda dan flek di wajah. Ia akan menyamarkan noda hitam dan meratakan warna kulit. Ia juga membantu mempercepat proses pergantian sel kulit dan mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit, sehingga kulit wajah tampak cerah.
Bagi Anda yang saat ini sedang risau karena jerawat yang tak mau pergi, Anda dapat mengatasinya dengan papain. Anda dapat memanfaatkan papain dalam buah papaya atau daunnya untuk masker muka. Cara mudah membuat masker papaya, hancurkan papaya matang, tambahkan satu sendok teh madu dan pakailah sebagai masker. Biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Sedangkan cara membuat masker daun papaya, ambil 2-3 lembar daun papaya tua. Jemur sebentar, tumbuk halus dan tambahkan satu setengah sendok air, kemudian gunakan untuk masker.
Selain untuk kulit muka, papain juga bias mengembalikan kehalusan tumit yang pecah-pecah. Caranya, torehlah papaya muda hingga keluar getahnya, kemudian oleskan pada tumit yang pecah-pecah. Agar tidak terjadi infeksi, bersihkanlah kulit sebelum diolesi.
Rajin mengonsumsi buah papaya akan membantu mencerahkan kulit. Selain itu juga membantu menjaga kesehatan tubuh karena banyaknya zat gizi yang terkandung di dalamnya. Sekarang percayakan sehat dan cantik tidak harus mahal?

POSTING : LULUK ANISATUN......

0 komentar:

your TIME



Translate

Hot Posting

visitors

Followers